Kamis, 28 Mei 2015

Usulan Pelestarian Museum Wayang

USULAN PELESTARIAN BANGUNAN

        A.   Kesimpulan

Bangunan Museum Wayang ini merupakan salah satu bangunan yang harus dilestarikan, agar generasi selanjutnya dapat memahami dan mengetahui keberadaan dari bangunan ini. Untuk sekarang ini, dalam upaya pelestariannya sudah cukup baik. Bangunan ini menjadi salah satu tempat wisata yang dapat menambah wawasan pengunjung akan wayang, alat musik tradisional jawa, dll.

        B.   Usulan Pelestarian Museum Wayang

Karena Museum Wayang ini merupakan tujuan wisata yang ada di Jakarta maka keamanan, kebersihan dan estetika bangunan menjadi poin penting. Sejauh ini Museum Wayang Jakarta sudah baik dalam pelestariaannya. Usulan dalam pelestarian museum wayang adalah :

Gambar Interior Museum Wayang

- Museum Wayang sudah terkenal diluar sana, tetapi tindakan pemublikasian tetap harus dijaga agar banyak pengunjung yang datang dan mendapat pengetahuan tentang wayang dan alat music tradisional.

- Karena museum wayang banyak menggunakan cat warna putih pada dinding bangunan, maka sebaiknya dilakukan peremajaan dengan mengecat dinding bangunan dalam jangka waktu yang tertentu agar estetika bangunan tetap terjaga.

- Bangunan ini juga menggunakan plafond ekspose pada beberapa ruangan seperti ruang pertunjukan, maka tampilan plafond dan kekokohannya harus menjadi perhatian agar tampilan bangunan tetap terjaga dengan baik.

- Pada ruang pertunjukan juga, kenyamanan akan kursi pengunjung harus menjadi poin penting karena harus menjaga kenyamanan pengunjung selama menonton pertunjukan

- Pada lantai museum banyak menggunakan finishing parket/vinyl. Dalam hal ini harus dilestarikan material  lantai dengan parket  asli tempo dulu. Perlu dilakukan pengawasan agar tetap terjaga kekuatan pada parket ini.

- Pengawasan dari semua pihak baik dari pengelola bangunan dan pengunjung harus maksimal agar keberadaan museum ini dapat dipertahankan dalam jangka waktu panjang agar Indonesia bangga mempunyai bangunan-bangunan sejarah yang selalu dilestarikan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar