Kamis, 28 Mei 2015

Gambaran Kawasan Museum Wayang

KONDISI EKSISTING MUSEUM WAYANG

A.   Kondisi Eksisting 

Museum Wayang ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Jakarta Barat 11110. (Gedung Lama) dengan luas 990 m2 atau 0.09 Ha terdiri dari bangunan bertingkat 2. Bagian barat bangunan berbatasan dengan museum Fatahilah, sebelah timur berbatasan dengan Jalan Kali Besar Timur, Sebelah Utara berbatasan dengan Jalan Kali Besar Utara, dan sebelah selatan berbatasan dengan jalan Jembatan Baru.


Gambar Tampak Atas Museum Wayang Jakarta



Gambar Batasan Site Museum Wayang

Aktivitas yang ada pada Museum Wayang yaitu pada pagelaran Rutin setiap Bulannya, yaitu :

1. Pergelaran Wayang Golek setiap Minggu II.
2. Pergelaran Wayang Kulit Betawi Minggu III
3. Pergelaran Wayang Kulit Purwa Minggu terakhir.
4.Peragaan Pembuatan Wayang Golek, Kulit dan Peragaan Karawitan untuk masyarakat umum dan pelajar.

Gedung Museum Wayang ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Beberapa kali sempat mengalami perubahan fungsi. Dibangun pada thaun 1640, bangunan gedung museum ini pertama kali digunakan sebagai gedung gereja dengan nama De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda.
Pada tahun 1732 gedung ini mengalami renovasi dan berubah nama menjadi De Nieuwe Hollandse Kerk atau “Gereja Baru Belanda”. Di tahun 1808 gedung ini luluh lantak akibat gempa bumi yang melanda Batavia kala itu. Baru pada tahun 1975 tepatnya tanggal 13 Agustus gedung ini diresmikan penggunaannya sebagai Museum Wayang. Di beberapa bagian dalam gedung ini masih terlihat beberapa bagian gereja lama dan baru.

Saat ini Museum Wayang memiliki koleksi lebih dari 4.000 buah wayang dan boneka dari berbagai jenis dan macam. Jenis wayang yang dipamerkan mulai dari wayang golek dan wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan wayang beber. Selain itu museum ini juga memiliki koleksi gamelan, topeng, dan beberapa boneka.
  
B.   Kondisi Bangunan

Berikut ini merupakan Denah lantai 2 Museum Wayang :
  


Gambar Museum Wayang Lantai 2

Berikut ini merupakan Denah Lantai 1 Museum Wayang :


Gambar Museum Wayang Lantai 1

a.   Lorong R. Pameran  dengan Plafond ekspose struktur lama bangunan. Dinding dengan  atas finishing  panel silang berwarna hijau dan dinding bawah finishing cat putih
 
b.    Tangga dengan Plafond papan triplek standart. Dinding dengan  atas  finishing cat putih. Material  lantai dengan parket  asli tempo dulu
C. WC dengan Plafond papan triplek standart. Dinding dengan  finishing HPL marmer strip krem.Material  lantai dengan finishing vinil  marmer krem
d.  R.Pertunjukkan dengan finishing Plafond ekspos. Dinding finishing cat putih. Lantai  keramik krem asli bangunan
e.    R.Cinderamata dengan Plafond papan triplek standart. Dinding dengan finishing cat putih. Material  lantai dengan parket  asli tempo dulu
f.     R.Cinderamata dengan Plafond papan triplek standart. Dinding dengan finishing cat putih. Material  lantai dengan parket  asli tempo dulu
g.  R.Gamelan  dengan Background  partisi kaca sebagai pemisah ruang.Plafond papan triplek standart. Menggunakan lantai vinyl kayu
h.    R.Pameran Topeng Plafond ekspose struktur lama bangunan cat putih. Finishing dinding dengan HPL kayu srip horizontal. Menggunakan lantai vinyl kayu
i.     Lorong R.pameran  dengan Plafond papan triplek standart. Dinding atas dengan finishing cat putih. Menggunakan lantai vinyl kayu

  Berikut ini merupakan Tata Ruang yang ada pada Museum Wayang :

Gambar Tata Ruang Museum Wayang

Penzoningan pada Museum Wayang terbagi menjadi 4 zona yaitu zona public, zona semi public, zona privat dan zona service

Penzoningan Museum Wayang




9 komentar:

  1. Selamat siang kak Felly, saya Stephanie dari universitas tarumanagara Jakarta, saya sedang ada tugas untuk merancang interior Museum Wayang. Boleh gak minta sedikit bantuan dari kak Felly untuk soal denah eksistingnya ? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Hi fransisca. Boleh, bisa saya saya tau alamat email or wa?

    BalasHapus
  3. bisa di email ya di fransiscazelvous@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Selamat malam kak Felly. Saya Dessy dari univ UNTAR. Saya boleh tidak minta bantuan kakak untuk soal denah eksisting museum wayang untuk tugas akhir perancangan interior museum? Terima kasih

    BalasHapus
  6. Selamat pagi ka Rizka, saya Annas dari jurusan Desain Interior. saya sedang ada tugas desain interior public space museum. Boleh tidak minta bantuan dari kak Rizka untuh denah eksisting museum wayang ? terima kasih.

    BalasHapus
  7. Selamat pagi kak Rizka, saya Shania dari Coventry University di Inggris. Saya ingin menggunakan gedung Museum Wayang untuk proyek akhir disertasi saya untuk mendapatkan gelar Master of Arts in Interior Design. Boleh tidak mohon bantuannya untuk membantu saya kirimkan denah gedung yang kak Rizka posting di artikel ini? Jika berkenan, boleh email saya di shaniajs@uni.coventry.ac.uk. Terima kasih banyak kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi selamat pagi, Shania. Saya coba cari dulu filenya ya. Kalau ternyata saya hanya punya file jpegnya saja (bukan cad/skp), apakah cukup membantu? Sukses untuk disertasinya ya.

      Hapus
  8. Mohon maaf untuk teman teman yang tidak saya balas commentnya. Karena blog ini sudah jarang saya buka. Kalau dikemudian hari ada yang membutuhkan file jpeg museum wayang eksisting ini, silahkan menghubungi Instagram saya langsung @fellyfajar. Semoga saya cukup membantu. Semangat studinya teman teman.

    BalasHapus