Senin, 14 Juli 2014

Kuliner khas bangka belitung

KULINER BANGKA BELITUNG

BERBAGAI RAGAM MAKANAN KHAS 
BANGKA BELITUNG
Anda tau pastinya makanan yang bernama " Otak-Otak " ,makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan  tenggiri yang di bungkus dengan daun pisang sebesar dua jari tangan kita .Rasanya sangat gurih dan nikmat .Di Bangka terkenal dengn makanan seperti ini .Bilamana anda berkunjung ke Pulau Bangka ,jangan lupa mampir ke tempat pembuatan Otak-Otak Bangka yang terkenal di kota Belinyu .
Makan otak-otak bangka sambil ditemani minum es campur kacang merah khas Bangka , "Mantappp.... Pastinya.." .
di Bawah ini berbagai makanan khas Bangka :
- Empek2 Bangka ( Tanpa isi Telor )
- Bujan
- Otak-Otak
- Mie Bangka ( Kuahnya terbuat dari bahan dasar ikan )
- Pantiauw
Dan masih banyak lagi makanan khas di Bangka .
Kita bisa menikmati wisata Kuliner di Bangka ,ada berbagai kopi yang terkenal di Bangka ,Yaitu " Warung Tung Tau "

 Sejarah Waroeng Tung Tau
Waroeng TUNGTAU adalah nama yang diambil dari pendirinya yang berdagang sejak tahun 1938 di kota sungailiat, yang beralamatkan di Jl. Muhidin No. 87, Sungailiat-BangkaDengan nama lengkap Mr. Fung Tung Tau ia memulai karirnya berdagang di kota Sungailiat. Nama TungTau memiliki sejarah sendiri bagi kota sungailiat karena merupakan warung kopi pertama yang ada di kota Sungailiat, jadi tidaklah heran apabila banyak pejabat ataupun orang orang dulu yang pernah datang ke Warung TungTau, baik yang berasal dari pulau Bangka ataupun yang berada di luar kota, memiliki kenangan nostalgia tersendiri di Waroeng TungTau.
GENERASI YANG BERDAGANG DI WAROENG TUNGTAU
Waroeng TungTau - Sungailiat
Warung yang sudah di kelola oleh 3 generasi ini di mulai dari Mr. Fung Tung Tau di Sungailiat pada tahun 1938, pada tahun 1950 di lanjutkan oleh generasi ke 2, Bapak Budjang Bunawan dan sejak tahun 1980 di lanjutkan oleh istri beliau, Ibu Maria Matali. Kemudian sejak tahun 2010 sampai saat ini di lanjutkan oleh generasi ke 3 yaitu Tedy,SE sebagai anak bungsu dari pasangan Budjang Bunawan dan Maria Matali. 
  
  
Waroeng TungTau - PangkalPinang
 
Seperjalanan dengan waktu dan di karenakan banyaknya permintaan dari pelanggan yang berada di pangkal pinang yang ingin membawa Roti Khas TungTau keluar pulau sebagai oleh oleh atau buah tangan khas dari Bangka melalui Bandara Depati Amir, maka kami membuka cabang yang pertama waroeng TungTau di kota Pangkal Pinang pada tahun 2011 yang beralamatkan di Jl. Jendral Sudirman no. 74, Pangkal Pinang - Bangka Belitung ( Simpang Jalan Surabaya ) dan di Jl. Depati Hamzah ( sebelah Akademi Bunga Bangsa ), Pangkal Pinang - Bangka Belitung
Dengan tetap berpegang pada konsep bisnis keluarga, Waroeng TungTau di Pangkal Pinangpun di percayakan kepada Mariany,S.Kom. Putri Sulung dari pasangan Alm. Bapak Budjang Bunawan & Ibu Maria Matali.
 
Waroeng TungTau – Visi
Dengan kesadaran akan kecintaannya pada Pulau Bangka dan kesamaan Visi untuk melestarikan warisan keluarga yang memiliki nilai sejarah membuat kami bertekad mengembangkan usaha keluarga yang telah turun menurun ini. 
Copyright@Waroengtungtau.com )

source  http://www.asherwisatabangka.com/2012/11/kuliner-bangka-belitung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar